THE MAZE RUNNER (2014)



THE MAZE RUNNER (2014)


SINOPSIS

                The Maze Runner adalah salah satu film yang mendapat perhatian dari begitu banyak warga Planet Bumi pada tahun 2014. Film ini diangkat dari novel trilogi berjudul sama karya James Dahner, salah satu penulis kenamaan saat ini di Amerika Serikat. Saya yakin bahwa kebanyakan dari anda sudah menonton film ini….

                Saya pribadi menyatakan The Maze Runner Trilogy sebagai film terfavorit saya sepanjang masa seperti halnya Titanic dan Lord of the Rings Trilogy.

                Film ini bercerita mengenai seorang pemuda bernama Thomas yang kehilangan memorinya dan bahkan sempat pula tidak mengingat namanya sendiri untuk beberapa jam, dan tiba-tiba berada di sebuah labirin yang sangat besar dan luas. Dia bukanlah satu-satunya orang yang berada di situ, karena ada sekitar puluhan pemuda yang telah mendahuluinya berada di tempat yang membingungkan tersebut. Mereka semua mengalami situasi yang sama, yaitu tidak dapat mengingat kehidupan mereka sebelum secara tiba-tiba berada di labirin tersebut. Mereka bahkan tidak ingat mengapa dan bagaimana mereka berada di sana.

                     Dengan sekuat tenaga, Thomas dan mereka yang kini telah menjadi teman-teman barunya itu berusaha dengan sekuat tenaga untuk mencari jalan keluar dari tempat tersebut dan memecahkan misteri yang mereka hadapi. Thomas yang menjadi tenaga penggerak utama dalam usaha memecahkan masalah mereka ini. Dia memotivasi teman-teman barunya tersebut untuk melakukan beberapa hal yang tidak pernah dilakukan sebelumnya.

                Namun, tidak semuanya mau menghadapi situasi berat dan berbahaya yang harus mereka hadapi jika ingin keluar dari labirin dan memecahkan misteri yang terjadi. Seorang pemuda bernama Gally beserta beberapa temannya memilih untuk tetap tinggal di sana dengan resiko mereka akan terus menetap tanpa pernah mengetahui apa yang sesungguhnya terjadi terhadap mereka. Karena telah terbiasa tinggal di dalam labirin tersebut, maka apa yang awalnya merupakan masalah yang misterius justru telah menjadi suatu kenyamanan yang tidak ingin mereka tinggalkan.

PESAN MORAL

                  Dua pesan moral terpenting dalam film ini adalah: persahabatan dan kemauan untuk mencapai hal yang lebih baik.

                    Thomas dan sebagian pemuda di labirin, diantaranya Newt, Minho, Alby, dan Teresa (satu-satunya pemudi), benar-benar mewujudkan persahabatan sejati yang menggambarkan kenyataan mengenai persahabatan. Saling mengasihi, saling menjaga, kompak, rela berkorban untuk kepentingan yang lain, menerima dan mendukung apa adanya, dan siap menolong saat dibutuhkan.

                     Suatu kalimat inspiratif dalam Bahasa Inggris, a friend in need is a friend indeed (sahabat sejati akan hadir pada masa sulit), berlaku dalam persahabatan mereka. 

              Film ini juga mengajarkan bahwa kita mesti berani meninggalkan zona nyaman dalam hidup dan mau menghadapi tantangan, permasalahan, dan situasi yang tidak nyaman untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar dan mendapatkan situasi hidup yang lebih baik. Jika kita memilih untuk tetap tinggal di zona nyaman dan tidak mau menghadapi tantangan –tantangan baru, maka kita sendirilah yang telah menghambat pertumbuhan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan meraih keberhasilan yang lebih besar.

ERWIN SAYS :
Memang tidak mudah untuk meninggalkan zona nyaman dan menghadapi tantangan-tantangan atau masalah-masalah baru. Rasanya berat sekali meninggalkan kenyamanan yang kita miliki. Tambah lagi, tantangan dan masalah baru tersebut belum tentu memberikan hasil seperti yang kita harapkan.

                     Namun, terlepas dari hasilnya nanti, menghadapi tantangan dan masalah baru akan membuat kita belajar lebih banyak dan mengetahui lebih banyak. Melaluinya, kita akan menjadi pribadi yang lebih baik, lebih kreatif dalam berkarya, dan memiliki kesempatan untuk meningkatkan kesuksesan. Jika anda hanya memilih yang nyaman-nyaman saja, pertumbuhan kepribadian anda dan kesuksesan anda pun hanya begitu-begitu saja. Hidup hanya sekali, sayang sekali jika kita kehilangan keindahan yang lebih lagi, yang semestinya bisa kita raih.

             


ERWIN 

A BETTER PART OF ONE’S LIFE CONSISTS OF HIS FRIENDSHIP.
Abraham Lincoln, 16th USA President

                           

   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOULMATE: LOVE AND FRIENDSHIP (ENGLISH VERSION)

TOKOH-TOKOH DUNIA - GAY