KARIR ADALAH.........



Dead poets society (1989)



                Kita bernostalgia yo, ke masa sekolah atau kuliah…. Coba ingat-ingat, sewaktu anda sekolah atau kuliah, atau juga untuk anda yang masih sekolah atau kuliah sekarang, apakah anda pernah mendapatkan guru atau sedang diajar oleh guru yang kreatif dan unik seperti halnya Keating? Jika iya, saya yakin bahwa sebagian besar dari anda akan mengidolakannya….


                John Keating dalam Dead Poets Society adalah seorang dosen Bahasa Inggris di salah satu universitas terbaik di Inggris. Caranya mengajar memang unik, kreatif, dan sangat berbeda dari para pengajar lainnya di universitas tersebut. Bayangkan saja, dia pernah mengajak para muridnya praktek berbaris dalam salah satu sesi mengajarnya dan hal ini membuat rektor kampus keheranan. Selain itu, dia membebaskan para mahasiswa-mahasiswi untuk memilih aktifitas yang mereka cintai dan membangun karir berdasarkan apa yang mereka inginkan.


                Hal-hal tersebut yang justru membuat dirinya menjadi pengajar yang kontroversial. Banyak rekan termasuk rektor kampus tersebut yang menentangnya bahkan beberapa orangtua murid pun tidak menyukainya. Mereka menganggap cara mengajar yang keras dan baku, terpusat pada guru dan mahasiswa mengikuti apa kata guru tanpa harus banyak berkreasi, serta orientasi hanya pada sejumlah bidang karir tertentu tanpa memperhitungkan minat setiap orang, adalah sistem pendidikan yang benar dan terbaik.


               Sudah tentu, John Keating harus berusaha keras untuk menjalankan karirnya secara profesional sambil mewujudkan prinsip dan idealismenya di kampus kenamaan itu. Akankah dia berhasil….?


                Jawabannya akan anda dapatkan saat menonton film ini. Anda tidak perlu mengharapkan saya akan membocorkan jawabannya karena hal ini tidak akan pernah saya lakukan…. Hahaha…. Tidak enak rasanya memberikan spoiler untuk film peraih satu piala Oscar kategori Best Original Screenplay ini. Juga, anda tidak perlu mengharapkan film ini akan tayang di bioskop (dan saya pun lupa apakah waktu itu film ini tayang di bioskop-bioskop di negara kita…. maklum, saya masih kecil ketika itu…. Hahaha….). Anda mesti pergi ke toko DVD langganan anda untuk membeli film ini. Saya rekomendasikan, sungguh…. Dan jujur saja, akhir cerita film ini membuat saya hampir menangis (ingat, menangis tidak selalu berkaitan dengan meninggalnya seseorang)….


                Yang perlu saya sampaikan pada anda sekalian adalah bahwa saya memiliki pemikiran yang sama dengan John Keating dan selalu saya bagikan kepada siswa-siswi saya. Karir adalah tentang melakukan apa yang kita cintai. Sekolah dan kuliah, selain untuk memiliki persahabatan dan bergaul seluas-luasnya, adalah persiapan untuk karir yang akan kita pilih dan menjadi jalan hidup kita.


                Bidang karir manakah yang mesti anda pilih sebagai jalan hidup anda untuk berkarya? Jawabannya akan anda temukan saat anda memandang diri anda sendiri. Apakah yang anda cintai untuk anda lakukan….? Inilah yang kita sebut dengan minat (passion). Setelah menemukannya, anda akan mendapati bahwa minat anda adalah bakat (talent) anda. Setiap orang secara alamiah memiliki satu paket kumplit ini dalam dirinya, minat dan bakat.


                Jika anda memilih bidang karir hanya karena uang yang berlimpah atau kesempatan yang cepat datang, tetap saja anda akan tersiksa dan tidak mendapatkan kebahagiaan utuh saat menjalaninya, karena itu bukan bidang yang anda cintai.


Erwin Says:
Ketika anda melakukan apa yang anda cintai, jelas anda akan semangat penuh menekuninya. Uang otomatis akan mengikuti ketekunan dan peningkatan prestasi anda. Namun, seperti halnya sebagian murid saya, masih banyak orang yang belum menemukan apa minat sejati mereka dan kebingungan mengenainya.
Biasanya, saya menyarankan mereka untuk merenungkan: aktifitas apakah yang saat sedang mereka kerjakan, waktu terasa berlalu sangat cepat karena mereka sangat menikmati melakukannya, ketagihan untuk melakukannya lagi, dan bisa menunda makan atau tidur sekalipun sudah merasa lapar atau mengantuk….


Erwin


Karir adalah melakukan apa yang kita cinta sesuai dengan bakat untuk mewujudkan kesuksesan dan melakukan kebaikan bagi banyak orang dan dunia.
ERWIN KUMADJAWA  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOULMATE: LOVE AND FRIENDSHIP (ENGLISH VERSION)

TOKOH-TOKOH DUNIA - GAY

THE MAZE RUNNER (2014)