SOULMATE : PERSAHABATAN DAN CINTA



Soulmate / belahan jiwa



                Suatu hari di akhir Bulan Oktober tahun 2015, salah satu sahabat saya yang bernama Furqon menelepon saya. Dia adalah salah satu sahabat saya dari SMA.


                 Dia memberitahu saya bahwa papahnya meninggal dunia. Saya sempat bingung dan tidak tahu harus berkata apa (Seperti adegan dalam Film Sex and The City, ketika Carrie Bradshaw ditelepon oleh salah satu sahabatnya yang tengah berduka karena ibunya baru saja meninggal dunia. Carrie pun sempat speechless dan tidak tahu harus berkata apa).


                    Akhirnya saya hanya berkata bahwa dia dapat menelepon saya baik siang atau malam, pada jam berapapun, dan saya memastikan bahwa saya akan selalu ada untuknya. Kemudian kami sepakat untuk bertemu pada hari berikutnya untuk mengobrol dan saling berbagi cerita.


                     Saya pun turut merasakan kesedihannya. Kami sudah bersahabat semenjak tahun pertama kami belajar di SMA Negeri 22, Bandung. Karena itu, saya sudah lumayan dekat dengan keluarganya. Kedua orangtuanya pun benar-benar mengenal saya.

*


                Setelah momen telepon tersebut, saya merenung. Saya memikirkan tentang kehidupan. Saya merenung…. Saya berpikir…. Hingga akhirnya saya membuat suatu kesimpulan…. Bahwa ternyata, orang-orang yang akan menemani kita pada setiap detil waktu hingga masa tua dan mencapai hirupan napas terakhir adalah sahabat dan pasangan.


                Salah satu keindahan terbesar dalam dunia ini adalah orang-orang yang berada dalam kehidupan kita. Semua orang dalam kehidupan kita berharga dan merupakan prioritas. Namun, prioritas terutama tentunya adalah orang-orang terdekat kita, yaitu: keluarga, sahabat / teman-teman dekat, dan pasangan.


                  Menurut saya, dari orang-orang terdekat, pada akhirnya hanyalah sahabat dan pasangan yang akan terus menemani kita dan bersama hingga usia lanjut dan hirupan napas terakhir. Apakah anda setuju? Mungkin sebagian dari anda menyetujui pemikiran saya, dan sebagian lainnya tidak. Hmmm…. Coba, kita pikirkan bersama….


                Kedua orangtua kita berusia jauh lebih tua dari kita. Pada akhirnya, mereka akan meninggalkan dunia ini lebih dulu. Begitu pula halnya dengan kakek, nenek, om, tante, juga kakek dan nenek buyut.


                Jika anda memiliki anak dari hasil pernikahan, pada akhirnya anda akan “berpisah” juga dengan mereka. Anak-anak anda akan membangun kehidupan mereka sendiri dan memiliki dunia mereka sendiri.


                Saudara-saudara kandung atau sepupu akan menemani kita terus, memang…. Namun, faktanya adalah begitu banyak orang di dunia ini memiliki keintiman lebih dalam dengan sahabat-sahabat mereka dibandingkan dengan saudara kandung ataupun sepupu. Mereka memilih untuk menceritakan segalanya dan membagi rahasia-rahasia terdalam pada sahabat dibandingkan saudara.


                Teman-teman bukan terdekat yang kita miliki juga akan dapat terus bersama kita. Namun, karena mereka bukan terdekat, belum tentu mereka akan selalu menghabiskan waktu bersama dan mengetahui diri kita hingga sedalam-dalamnya tanpa batas.


                Tinggallah keduanya ini pada akhirnya, sahabat dan pasangan. Orang-orang yang menerima dan memahami kita apa adanya, mengetahui sisi terliar atau terkelam kita dan tidak pernah menghakimi, memiliki kesabaran ekstra yang seolah tanpa batas terhadap segala perilaku kita, dan tidak akan pernah meninggalkan kita. Mereka akan selalu menyediakan bahu untuk kita bersandar dan menangis, menyediakan telinga untuk mendengarkan segala curahan hati, menyediakan uang saat kita sangat membutuhkan, memberikan tatapan yang menyinarkan harapan untuk keberhasilan kita, dan berpetualang seru bersama mengarungi arus deras sang waktu hingga memutih bersama.


                Mungkin inilah alasannya, mengapa dalam Bahasa Inggris, istilah soulmate memang ditujukan untuk dua hubungan ini, persahabatan dan percintaan….


                  Kirimkanlah sebuah pesan singkat melalui telepon seluler atau email kepada sahabat anda, sekedar untuk membuatnya tersenyum atau menghiburnya…. Dan, pastikan anda memilih pasangan, yang bersamanya, anda tidak akan pernah kehabisan ide untuk mengobrol dan selalu siap untuk tertawa hingga sakit perut. Sehingga, dengan pasangan, anda akan selalu betah untuk mengobrol tanpa henti dan tertawa lepas keras-keras….


erwin   

                 

               

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOULMATE: LOVE AND FRIENDSHIP (ENGLISH VERSION)

TOKOH-TOKOH DUNIA - GAY

THE MAZE RUNNER (2014)