MANUSIA DAN SINGAPURA



Singapura dan kita


                Apakah anda pernah mengunjungi Negara Singapura…? Saya pernah. Memang, negara ini sangat indah. Keindahan Singapura terletak pada modernitas dan teknologi masa kini.

                  Tata kota yang rapih dan berpola teratur dalam perwujudan deretan dan barisan beragam bangunan dengan fungsinya masing-masing benar-benar menjadi suatu pemandangan yang memanjakan mata. Anda juga akan menyadari bahwa bentuk bangunan yang mendominasi di sana adalah gedung-gedung tinggi berbentuk kotak. Apartemen menjadi suatu tempat tinggal yang sangat umum di sana.

                     Singapura merupakan salah satu negara kecil di dunia berdasarkan luas wilayah dan jumlah penduduk, walaupun memang tidak termasuk sepuluh negara terkecil di dunia. Negara ini juga sekaligus negara yang sangat sukses dan makmur. Namun, berbeda dari negara-negara maju lainnya, Singapura adalah negara yang total tidak memiliki keunggulan alam, baik area pegunungan maupun lautan.

                           Negara yang didirikan oleh Thomas Stanfford Raffles pada tahun 1819 ini memang terletak di area daratan yang tandus dan jauh dari nuansa alam. Namun, warga Singapura berhasil menjadikan negara mereka maju pesat dan menjadi salah satu pusat destinasi wisata di dunia. Mereka tidak berfokus pada apa yang tidak menjadi milik dan keunggulan mereka. Mereka tidak berfokus pada kemarahan atau keluhan atau penyesalan akan keunggulan-keunggulan yang dimiliki negara-negara lain pada umumnya dan tidak mereka miliki. Warga Singapura berfokus pada potensi tersisa yang mereka punya dan apa yang bisa mereka lakukan. Hasilnya, negara ini bahkan bisa lebih maju dari banyak negara lain yang memiliki potensi alam melimpah.

                           Fakta ini mengingatkan saya bahwa sikap seperti inilah yang harus kita terapkan pada diri kita sendiri….

                            Mungkin anda tidak setampan Shawn Mendes atau tidak sehebat Leonardo DiCaprio dalam berakting. Anda tidak lahir dalam keluarga kaya seperti Paris Hilton dan anda tidak memiliki badan sebagus Cristiano Ronaldo. Anda tidak memiliki banyak talenta seperti halnya James Franco dan tidak ada kesempatan untuk menjadi pemimpin dunia seperti Barrack Obama.

                                  Tetapi, itu semua bukanlah anda. anda adalah diri anda apa adanya. Diri anda adalah keindahan anda.

                                   Setiap orang memiliki keindahan dirinya masing-masing dan penggemarnya masing-masing. Bagian dari keindahan tersebut adalah fisik dan talenta yang akan mendukung anda untuk mewujudkan impian-impian anda. Anda tidak perlu meniru orang lain dan kehidupan anda pun tidak harus sama dengan orang lain.

                          Anda bisa jadi tidak ingin menikah dan tidak ingin punya anak, anda harus melalui perjuangan yang lebih lama untuk meraih impian-impian anda dan lebih banyak gagal dibandingkan orang-orang lainnya, dan anda tertarik secara seksual pada sesama jenis kelamin. Inilah keindahan hidup anda. Jalani apa adanya dengan bahagia dan bekerja keras untuk mewujudkan impian-impian anda.

                       Ketika anda berfokus pada apa yang anda miliki dan bukan pada apa yang orang lain miliki namun bukan punya kepunyaan anda, maka anda akan bisa bersyukur. Bersyukur membantu mewujudkan kebahagiaan. Sedangkan, rasa sesal – iri – marah karena apa yang tidak anda miliki, tidak akan membawa anda ke masa depan yang baik.

                        Seorang teman saya yang bernama Bayu, lulusan fakultas hukum dari salah satu universitas ternama di Bandung, mengatakan: “Saya hanya ingin menjadi versi terbaik diri saya”, ketika saya menanyakan apa impian besarnya dalam kehidupan. Jawabannya menjadi inspirasi untuk saya….

                          Gunakan apa yang anda miliki untuk mewujudkan versi terbaik diri anda. Melaluinya, kehadiran anda di Planet Bumi ini akan memberikan makna besar bagi kebaikan dunia….

ERWIN

          

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOULMATE: LOVE AND FRIENDSHIP (ENGLISH VERSION)

TOKOH-TOKOH DUNIA - GAY

THE MAZE RUNNER (2014)