GOOD TEACHER and GREAT TEACHER



GOOD TEACHER, GREAT TEACHER



                Apakah anda adalah penggemar Katy Perry, Christina Aguilera, atau Leonardo DiCaprio? Jika bukan pun, saya yakin anda mengetahui siapa mereka dan beberapa dari karya-karya mereka.


                Christina Aguilera dan Katy Perry merupakan dua penyanyi Amerika yang sudah menghasilkan album-album musik yang terjual hingga jutaan kopi di berbagai negara dan memiliki jutaan penggemar di seluruh dunia. Sementara Leo adalah salah satu aktor paling sukses di Hollywood dan menjadi kepercayaan berbagai sutradara ternama untuk memegang peran utama dalam film-film yang dibuat oleh masing-masing sutradara tersebut.


                                Selain keunggulan-keunggulan yang saya sebutkan di atas, ketiga selebriti Hollywood ini juga memiliki satu kualitas lain yang sungguh telah menginspirasi saya, yaitu prinsip mereka bahwa melalui karir dan ketenaran, mereka ingin membagikan nilai-nilai moral yang dapat memotivasi orang-orang untuk menjalani hidup dengan lebih baik. Bagi mereka, karir / profesi bukan hanya mengenai prestasi pribadi, melainkan juga memberikan kontribusi yang berarti bagi kemanusiaan dan dunia.


                Christina Aguilera menyanyikan lagu Beautiful yang dirilis pada tahun 2003. Melaluinya, dia menyampaikan pesan bahwa setiap orang memiliki keindahan dirinya masing-masing, sehingga kita mesti selalu menjadi diri sendiri dan bersyukur untuk diri kita apa adanya. Firework (2010) yang menjadi salah satu lagu terpopuler miliki Katy Perry menguatkan kita untuk dengan tegar menghadapi masalah apapun yang melanda.


                Leo yang kini menjadi salah satu aktor termahal di Hollywood menggunakan uang dan popularitasnya untuk memproduksi sebuah film dokumenter berjudul The 11th Hour (2007), yang berbicara mengenai pentingnya menjaga alam.


                Apa yang mereka lakukan tersebut layak dan semestinya kita ikuti, siapapun kita dan apapun profesi yang kita jalani. Tentu saja, hal ini juga berlaku bagi kita yang menjalani profesi sebagai pengajar / guru.


                Jika anda adalah seorang pengajar yang selalu berusaha menerangkan materi dengan baik dan memastikan murid-murid anda memahami apa yang anda ajarkan, menetapkan kedisiplinan dalam hal waktu dan pengerjaan ujian, maka anda telah berhasil menjadi seorang guru yang baik (Good Teacher). Namun, jika selain ini, anda juga dapat memperkaya mereka dengan beragam pengetahuan yang bukan materi pelajaran terkait, mendorong mereka untuk berani menyuarakan pemikiran mereka dan memiliki kreativitas, serta menginspirasi mereka untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan memiliki keyakinan terhadap masa depan, maka anda baru saja berhasil untuk menjadi seorang guru yang sangat baik (Great Teacher).


                        Kesuksesan anda sebagai seorang pengajar / guru bukan hanya mengenai prestasi pribadi dan popularitas, juga bukan hanya membuat anak-anak didik anda memahami bidang studi yang anda ajarkan, melainkan juga menginspirasi murid-murid anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Menurut saya, setiap pengajar memiliki tanggung jawab pribadi untuk menjadi seorang Great Teacher dan tidak terbatas pada hanya menjadi seorang Good Teacher.


                            Mungkin banyak dari anda yang akan berkata, “Wah, untuk apa tulisan seperti ini dimuat? Semua guru juga tahu hal ini.” , saat sedang membaca tulisan saya ini. Baiklah, anda boleh saja berkomentar seperti itu. Tapi faktanya, belum semua guru melakukan apa yang saya tuliskan ini. Masih banyak yang menjalankan profesi gurunya dengan asal-asalan dan hanya mementingkan gaji bulanan saja. Setidaknya, inilah yang sering saya dengar dari curahan hati siswa-siswi saya saat kami sedang mengobrol.


                       Tidaklah mudah untuk menjadi seorang pengajar ideal yang saya istilahkan sebagai Great Teacher. Berdasarkan pengalaman saya dalam melatih diri, yang dapat saya sarankan (dan mudah-mudahan bermanfaat untuk anda) adalah: Perluas pengetahuan anda bukan hanya dalam lingkup bidang studi yang anda ajarkan. Banyak membaca, mendengar, ataupun menonton. Pengetahuan juga dapat anda peroleh dari mengobrol dengan beragam orang dan mengamati situasi kehidupan sekeliling anda. Dengan pengetahuan yang luas, anda dapat membantu murid-murid anda untuk lebih mengenal dunia dan tidak terbatas hanya pada materi pelajaran yang anda ajarkan.


                     Kemudian, anda harus membiasakan diri untuk melihat segala sesuatu yang terjadi pada sisi positif dan memandang setiap orang pada sisi baik mereka. Dengan begitu, anda akan memiliki kebahagiaan dan kebijaksanaan yang bisa anda bagikan pada murid-murid anda dan membuat mereka bertumbuh ke arah yang lebih baik.


                            Tingkatkan terus kualitas anda. Ketika satu cara mengajar anda sudah membuat para murid mengangkat anda sebagai pengajar idola mereka, setara dengan Justin Bieber atau Taylor Swift yang mereka idolakan, cobalah untuk menantang diri anda lebih kreatif lagi. Pikirkan cara mengajar yang berbeda namun tetap efektif dalam penyampaian materi untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa-siswi anda. Praktekkan cara mengajar yang bisa memunculkan kreativitas murid-murid anda serta membuat mereka mau dan berani untuk menyatakan pemikiran mereka, sekalipun berbeda dengan anda.


                              Pengajar juga manusia. Jangan selalu ingin dinilai benar dan sempurna oleh murid-murid anda. Saya menyarankan anda untuk bersedia berdiskusi dengan mereka dan memotivasi mereka untuk menyatakan pendapat / pemikiran mereka, terlepas dari akan benar atau salah. Ketika mereka menyatakan pendapat mengenai materi pelajaran atau hal-hal lainnya dan ternyata andalah yang bersalah, akui saja dengan jujur, meminta maaf, dan mengucapkan terima kasih. Inilah kerendahan hati dan kejujuran yang sebaiknya diwujudkan oleh seorang pengajar saat sedang berada di ruang kelas. Para murid pun akan menyadari bahwa mereka dapat selalu mempercayai anda.


                        Jangan lupa, ambillah waktu untuk menyendiri sejenak, dan kenanglah kembali masa sekolah anda. Bayangkanlah, jika anda saat ini kembali ke masa sekolah anda dan menjadi seorang murid, pengajar seperti apakah yang anda dan teman-teman anda inginkan? Perenungan ini dapat membantu anda untuk memahami harapan para murid, mengenai pengajar seperti apakah yang mereka harapkan.


                        Oprah Winfrey dalam bukunya yang berjudul What I Know For Sure, mengatakan: “Be the change you want to see in the world.”


                        Sebagai guru / pengajar, marilah kita bersama-sama menjadi pribadi yang kita ajarkan pada siswa-siswi / mahasiswa-mahasiswi dan melakukan lebih dahulu apa yang kita katakan pada mereka.  


A Good Teacher makes the students go further in knowledge, while
A Great Teacher makes them go further in knowledge and life.


erwin    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOULMATE: LOVE AND FRIENDSHIP (ENGLISH VERSION)

TOKOH-TOKOH DUNIA - GAY

THE MAZE RUNNER (2014)