KARIR



Freedom writers (2006)



                Jika anda mendapat suatu pertanyaan, “Apakah makna dari karir atau pekerjaan bagi anda?”, apakah yang akan anda jawab? Saya sendiri memiliki jawaban atas pertanyaan itu dan ini merupakan teori saya sendiri.


                Tahukah anda? Ternyata, teori saya sama dengan Erin Gruewell. Dia memang tidak mengatakan yang persis sama, namun dia melakukannya. Oya, omong-omong, apakah anda pernah mendengar namanya? Kalau anda menjawab belum, tidak usah minder. Saya yakin kebanyakan orang di Indonesia juga belum pernah mendengar namanya. Tapi, jika anda menonton Film Freedom Writers (2006), anda akan tahu siapa dia.


                Freedom Writers adalah suatu film yang dibuat berdasarkan cerita nyata, bercerita mengenai seorang pengajar Bahasa Inggris baru di salah satu SMA yang cukup berkualitas di Kota Long Beach, Florida, Amerika Serikat. Pengajar tersebut bernama Erin Gruewell, seorang wanita yang sudah menikah dan belum memiliki anak, putri dari seorang pengusaha kaya.


                Erin memilih untuk melakukan bidang karir yang dia cinta, yaitu mengajar. Menjadi seorang guru adalah minatnya (passion). Namun, salah satu kelas yang menjadi kelas pertamanya justru menjadi salah satu tantangan terbesar dalam karir mengajarnya. Kelas tersebut adalah kelas integrasi, dimana murid-muridnya terdiri dari berbagai ras dan sebagian besar dari mereka memiliki latar belakang yang keras dan situasi hidup yang sangat tidak mengenakkan, seperti kemiskinan, perceraian, konflik keluarga, hingga kekerasan jalanan yang dapat membawa maut. Masih ditambah lagi dengan semangat belajar sangat rendah yang dimiliki oleh mayoritas siswa kelas tersebut.


                Erin harus berusaha keras untuk membuat mereka mau belajar, memberi prioritas pada sekolah, hingga memiliki nilai bagus. Tidak hanya itu, Erin ingin kelas integrasinya tersebut bisa kompak, memiliki pertemanan yang erat satu sama lain, juga bisa mengenal dunia.


                Dengan gaji sebagai pengajar yang tidak terlalu besar, Erin memutuskan untuk menambah pekerjaannya. Dia mengambil dua pekerjaan tambahan, yaitu sebagai SPG produk pakaian dalam dan staf sebuah hotel untuk menambah keuangannya. Dengan pendapatan tambahan tersebut, dia mampu membawa murid-muridnya pergi liburan ke tempat yang belum pernah mereka datangi, mengunjungi museum sejarah dunia, dan membawa mereka makan malam dengan beberapa penyintas Perang Dunia II yang masih hidup.


                Erin tidak mendapatkan apapun dengan hal-hal baru yang dia lakukan bagi para muridnya. Semua itu dia lakukan dengan ketulusan hati untuk membuat para muridnya mengenal dunia, memiliki pengetahuan yang luas, dan belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik.


                Ayah Erin sudah mengingatkan bahwa tugas Erin hanya mengajar dan dia tidak bertanggung jawab dengan kehidupan para muridnya tersebut. Namun, Erin merasa bahwa dia tidak bisa melakukan saran ayahnya. Dari hati, dia benar-benar ingin memberikan perubahan bagi para muridnya bukan hanya sebatas nilai akademik, melainkan juga kehidupan sehari-hari mereka.


                Erin Gruewell yang diperankan oleh Hillary Swank telah mempraktekkan bahwa karir / pekerjaan bukan hanya melakukan apa yang menjadi jadwal kerja (job description) untuk mendapatkan gaji, melainkan juga dengan tulus hati memberikan nilai-nilai yang dapat mempengaruhi kehidupan banyak orang melaluinya. Melakukan jadwal kerja kita dengan maksimal adalah suatu kewajiban, sementara mewujudkan nilai-nilai tersebut adalah pilihan.


                Saya ingat bahwa Leonardo DiCaprio pernah berkata: “Sebagai aktor, anda punya pilihan. Apakah hanya akan bersenang-senang saja menikmati kesuksesan dan popularitas, ataukah menggunakan keduanya untuk memberikan kontribusi yang berarti bagi dunia.” Dan kita semua sama-sama tahu, manakah yang Leo pilih….


                Jadi, apakah anda merasa tertarik untuk mengikuti jejak Erin Gruewell dalam bidang karir anda, apapun profesi anda….?


Erwin Says:
Melakukan karir atau pekerjaan kita dengan maksimal adalah suatu hal yang baik dan inilah yang kita sebut dengan profesionalisme. Namun, akan lebih baik ketika melaluinya, kita dapat memberikan kontribusi atau karya yang menjadi berkat bagi banyak orang dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Karir bukan hanya mengenai kesuksesan pribadi, melainkan juga melakukan kebaikan - kebaikan dengan tulus hati bagi banyak orang dan dunia.


ERWIN

KARIR ADALAH MELAKUKAN APA YANG KITA CINTAI SESUAI DENGAN BAKAT UNTUK MEWUJUDKAN KESUKSESAN PRIBADI DAN MELAKUKAN BANYAK KEBAIKAN BAGI SEMUA ORANG DAN DUNIA.
ERWIN KUMADJAWA

  

                 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOULMATE: LOVE AND FRIENDSHIP (ENGLISH VERSION)

TOKOH-TOKOH DUNIA - GAY

THE MAZE RUNNER (2014)