DUA SISI MANUSIA



Dua sisi manusia



                        Saya tidak tahu apakah satu hal ini akan membuat anda sedih, gembira, atau biasa saja…. Yang pasti, hal ini merupakan salah satu fakta kehidupan. Kenyataan bahwa setiap manusia memiliki sisi baik dan buruk, dan tidak ada manusia yang sempurna.


                          Lebih lanjut, kita akan selalu memiliki kedua sisi ini selama menjalani hidup, hingga setua apapun dan umur berapapun. Kita tidak akan pernah bisa untuk hanya memiliki sisi baik saja tanpa yang buruk dan begitu pula sebaliknya.


                           Namun, ada satu hal terbaik yang mampu kita lakukan dan ini merupakan bagian dari jati diri kita sebagai manusia, yaitu: Kita dapat meningkatkan sisi baik dan mengurangi sisi buruk.


                             Seiring pertambahan usia dan semakin beragam momen kehidupan yang kita lalui, kita akan mampu untuk memperbaiki karakter dan perilaku dalam pertumbuhan ke arah yang lebih baik. Menjadi lebih baik adalah proses seumur hidup.


                        Belajar dari fakta ini, saya menyadari bahwa kita semua seimbang. Kita sama-sama memiliki kebaikan juga keburukan dan sama-sama berjuang untuk meningkatkan yang baik dan mengurangi yang buruk. Hal ini merupakan proses sepanjang hidup yang tidak akan pernah berakhir selama kehidupan ada.


                         Anda mungkin saja mengidolakan salah satu sahabat anda karena dia sangat baik dan nampak sempurna. Tetapi, ingatlah juga bahwa sahabat anda memiliki sisi buruk. Sehingga, saat dia melakukan kesalahan yang mengecewakan anda, anda akan lebih mudah untuk menerima dan memaafkannya.


                        Kemudian, anda memiliki seorang teman yang seringkali melakukan kesalahan dan mengulang terus kebiasaan-kebiasaan buruknya seolah tidak pernah belajar. Ingatlah bahwa separah-parahnya teman anda, dia juga pasti memiliki sisi baik. Nantinya, anda tidak akan menghakimi dia dan bisa tetap berpikiran positif.


                        Ketika anda mengetahui bahwa anda lebih baik dari teman anda dalam satu hal, ingatlah juga bahwa teman tersebut lebih baik dari anda dalam hal yang lain. Fakta ini mengingatkan kita untuk selalu rendah hati dan tidak merasa diri lebih tinggi dari yang lainnya.


                          Kita semua tanpa terkecuali seimbang dan berharga. Tidak ada tempat untuk yang namanya diskriminasi dalam kehidupan ini, apapun juga dasarnya….


ERWIN  

                                                   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOULMATE: LOVE AND FRIENDSHIP (ENGLISH VERSION)

TOKOH-TOKOH DUNIA - GAY

THE MAZE RUNNER (2014)